Agen Perubahan dan Wujudkan Mimpi Bersama menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Dalam pembangunan Zona Integritas (ZI)-Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)-Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), salah satu program dari Tim Komite Integritas yaitu melalui Tim Manajemen Perubahan LPMP Provinsi DKI Jakarta adalah melakukan pembinaan agen perubahan. Salah satu faktor penting dalam hal perubahan pola pikir dan budaya kerja suatu organisasi adalah adanya keteladanan yang nyata dari pimpinan dan individu anggota organisasi. Pimpinan organisasi mempunyai lingkar pengaruh yang luas, sehingga perilaku pimpinan akan menjadi contoh bagi para bawahan dalam bertindak dan berperilaku.Namun dalam implementasinya, diperlukan dukungan beberapa individu untuk menjadi unsur penggerak utama perubahan, yang sekaligus dapat menjadi contoh dalam berperilaku bagi seluruh individu anggota organisasi yang ada di lingkungan organisasinya.

Berdasarkan hal-hal diatas, LPMP Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan “Penguatan Agen Perubahan melalui Forum Agen Perubahan” pada tanggal 2 s.d 4 Desember 2021 bertempat di Hotel Pesona Krakatau, Anyer, Serang, Banten. Adapun peserta dalam kegiatan ini seluruh ASN LPMP Provinsi DKI Jakarta yang berjumlah 74 orang yang terdiri dari: unsur Koordinator Fungsi, Widyaprada, Pengembang Teknologi Pembelajaran, dan fungsional umum/pelaksana, serta 6 orang Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN).

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar seluruh pimpinan dan pegawai memahami peran penting agen perubahan dalam mewujudkan ZI-WBK-WBBM. Melalui pemahaman bersama, diharapkan semua pegawai memiliki komitmen yang kuat dalam mewujudkan ZI-WBK-WBBM dan tersusunnya rencana tindak tindak lanjut agen perubahan di Tahun 2022.

Untuk mewujudkan hal tersebut, peserta diberikan arahan oleh Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta, penguatan materi dari Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), membangun Mimpi Bersama, penandatanganan Komitmen Bersama untuk mewujudkan ZI-WBK-WBBM, dan dinamika Kelompok.

Pada arahan di pembukaan kegiatan, Kepala LPMP Provinsi DKI Jakarta (Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd), menyampaikan bahwa semua kita merupakan agen perubahan, sehingga harus selalu menjaga semangat berkinerja, meneguhkan komitmen bersama untuk meraih ZI-WBK-WBBM, serta saling bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.  Selain itu, Beliau juga menyampaikan apresiasi untuk semua pegawai yang telah menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik sepanjang Tahun 2021 serta mengajak seluruh warga LPMP rovinsi DKI Jakarta untuk selalu semangat memberikan yang terbaik bagi lembaga di Tahun 2022.

Selanjutnya penguatan materi disampaikan oleh Analis Kebijakan Madya Kemenpan RB (Canggih Hangga Wicaksono, SST) yang memaparkan dengan tuntas tentang pengertian agen perubahan, azas pembentukannya, dan tujuan pembentukan agen perubahan. Selain itu, Beliau juga menyampaikan tentang kriteria yang harus dimiliki oleh agen perubahan, peran serta tugasnya. Agen tersebut diharapkan mampu menjadi unsur penggerak utama untuk mendorong terjadinya perubahan, baik melalui tugas dan peran yang dilaksanakannya, maupun melalui kegiatan-kegiatan inovasi untuk lembaga.

Kegiatan dilanjutkan dengan membangun mimpi bersama. Setiap pegawai diminta untuk menuangkan mimpi bagi lembaga dalam bentuk tulisan pada secarik kertas, yang selanjutnya akan dikompilasi menjadi buku oleh lembaga dengan judul “Mimpi LPMP DKI Jakarta”. Setelah membangun mimpi bersama, dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama untuk mewujudkan ZI-WBK-WBBM untuk semua pegawai LPMP Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan ditutup dengan dinamika kelompok yang bertujuan untuk lebih membangun kebersamaan, kerja sama, kekompakan, serta kekeluargaan seluruh pegawai . Kegiatan dilakukan melalui permainan edukatif yang dipandu oleh Tim Widyaprada LPMP Provinsi DKI Jakarta (Rosmida Simanjorang, M.Pd; Dr. Didang Setiawan, M.Pd; Sri Sulastri, S.Si, M.Pd; dan Susiah Budiart, M.Pd).

Melalui agen perubahan dan komitmen bersama mari kita mewujudkan mimpi menuju ZI-WBK-WBBM di LPMP Provinsi DKI Jakarta. (Nurfa)

Bagikan ..

Noor Fatimah

Bagikan ..