kegiatanPengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi

400 Kepala Sekolah Diundang untuk Peningkatan Kualitas Data Dapodik 2019

LPMP DKI Jakarta sebagai Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan Kebudayaan dalam hal ini memiliki tugas melakukan pengawasan dan peningkatan Kualitas Data Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta. Hal-hal yang dapat dilakukan dalam melaksanakan tugas ini adalah mengkoordinir manajemen pengguna dapodik, mengawasi dan meningkatkan kualitas data pokok pendidikan melalui mekanisme validasi secara aktif, sehingga didapatkan data dapodik yang dapat menjadi acuan dalam menentukan kebijakan di wilayah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebagai upaya untuk memperbaiki mutu data sekolah dan terjadi kesamaan persepsi dalam mengelola sistem pendataan pendidikan dasar dan menengah, LPMP DKI Jakarta melakukan beberapa kegiatan dimulai dari Bimtek Fasda, Bimtek Operator hingga Rakor Sosialisasi Peningkatan Kualitas Dapodik  bagi 400 sekolah swasta yang operatornya sudah mengikuti Bimtek sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar  pendataan yang dilakukan oleh satuan pendidikan mencapai target pendataan yang valid, bermutu dan  terintegrasi sesuai dengan Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan.

Sehubungan dengan Rilis Dapodik versi 2020/ 2020a pada tahun 2019 ini,  satuan pendidikan mulai melakukan singkron datanya maka Kegiatan Rakor Sosialisasi Peningkatan Kualitas Dapodik  bagi Kepala Sekolah ini dilaksanakan.  Kegiatan dilakukan selama 1 hari dalam 3 angkatan yaitu tanggal 16 September 2019 untuk wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Selatan,  17 September 2019 untuk Jakarta Pusat dan Jakarta Barat serta 18 September 2019 untuk Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu. Kegiatan 3 Angkatan ini dibuka oleh Kepala LPMP DKI Jakarta Moch. Salim Somad, S.Kom, M.Pd, dengan pesan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar kepala sekolah bersama operator sekolah dapat memberikan data yang sesuai dengan kenyataan, sehingga data di dapodik sebagai satu sumber data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah data yang valid dan berkualitas.

Pada tahun 2019 ini, peserta dikhususkan untuk sekolah swasta yang sebelumnya operatornya sudah mengikuti Bimtek Peningkatan Kualitas Dapodik bagi Satuan Pendidikan selama 2 hari. Hal ini dengan pertimbangan  karena sekolah swasta  untuk input data dapodik masih butuh penguatan terkait dengan kompetensi operator sekolah. Tingkat antusias kepala sekolah sangat besar  yang terlihat dari respon dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada sesi tanya jawab.

Hal-hal yang dapat dicatat sebagai informasi tentang DAPODIK  bagi Kepala Sekolah adalah:

  1. Tiap-tiap Satker memiliki Tugas dan Peran yang berbeda pada DAPODIK
    • Bagi Sekolah : Mengisi dan mengirimkan data melalui Dapodik dan Menjamin kelengkapan, kebenaran, dan kemutakhiran data yang dikirimkan
    • Bagi Dinas Pendidikan : Melakukan Sosialisasi, bimbingan dan layanan teknis untuk satuan pendidikan, Melakukan Pengawasan progres pendataan dan Memanfaatkan data Dapodik dalam program pembangunan pendidikan;
    • Bagi Dikdasmen : Membangun sistem pengumpulan dan penyimpanan data yang cepat dan efisien, Sosialisasi pendataan, Memberikan Layanan pendataan bagi Direktorat Teknis dan Layanan Helpdesk
    • Bagi Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) : Merancang basis data relasional, Pusat integrasi data, Referensi atribut data;
    • Bagi LPMP : Koordinator Manajemen pengguna Dapodik , Mengawasi dan meningkatkan kualitas data pokok pendidikan melalui mekanisme validasi dan Layanan ULT di tingkat Provinsi

   

  1. Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) pada Pendidikan Dasar dan Menengah dapat dimanfaat untuk :
    • Dukungan Dapodik untuk PIP
    • Dukungan Dapodik untuk BOS
    • Dukungan Dapodik untuk Tunjangan Guru
    • Dukungan Dapodik untuk Ujian Nasional
    • Dukungan Dapodik untuk Sarpras
    • Dukungan Dapodik untuk PMP

   

  1. Kriteria Data Dapodik yang berkualitas :
    • Akurat, Data yang dikirimkan adalah data yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan, Data dikirim berdasarkan persetujuan kepala sekolah sebagai penanggung jawab data
    • Mutakhir, Data dapat dikirimkan dengan cepat dan data yang dikirimkan merupakan kondisi terkini, sekolah melakukan pengiriman data tahun ajaran 2019/2020 menggunakan sistem aplikasi
    • Longitudinal, Data berkelanjutan dan dapat diketahui perjalanan data, Sekolah melakukan pengiriman data setiap semester

Dengan Informasi yang didapat ini semoga Kepala Sekolah terus dapat meningkatkan peran dan fungsinya agar data yang diinput pada DAPODIK ini betul betul data yang valid… Salam Satu Data (DSL)

Bagikan ..

Eyoni Maisa

Bagikan ..