Workshop Penyusunan Perangkat Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi

Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi ( ZI-WBK) di lingkungan LPMP DKI Jakarta terus bergulir, melangkah dengan pasti  untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi berdasarkan Peraturan MenPan RB no. 52 tahun 2014. Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal mendukung program pemerintah untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan LPMP DKI Jakarta yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional dalam mewujudkan good governance dan clean government menuju aparatur LPMP DKI Jakarta yang bersih dan bebas dari KKN, meningkatnya pelayanan prima serta meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja. Selain itu LPMP DKI Jakarta memiliki tata nilai yang selama ini terus menerus dipelihara menjadi budaya kerja yaitu  Integritas Kebersamaan Religius Profesional Transparansi / IKe RePoT.

Dalam upaya mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di lingkungan LPMP DKI Jakarta perlu rancangan yang disusun secara sistematis dan terstruktur. Untuk itu diadakan kegiatan workshop penyusunan perangkat pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di lingkungan LPMP DKI Jakarta,  yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 25 s.d. 27 Juli 2018 di Hotel Harper, Jl. MT Haryono Kav. 6-7 Jatinegara Jl. Biru Laut X, Cipinang Cempedak, Jatinegara Jakarta Timur.

Tujuan dari kegiatan ini selain untuk menyiapkan rancangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi di lingkungan LPMP DKI Jakarta juga bertujuan :

  1. Sosialisasi tentang pembangunan ZI-WBK
  2. Menyusun dokumen pembangunan zona integritas menuju WBK di lingkungan LPMP DKI Jakarta
  3. Teradmistrasikannya bukti-bukti fisik pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju WBK di lingkungan LPMP DKI Jakarta
  4. Menyusun rencana aksi pembangunan zona integritas menuju WBK di lingkungan LPMP DKI Jakarta

Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP DKI Jakarta Bapak Surya Fitri Nurulhuda, S.E., M.Si.,  dan untuk mewujudkan tujuan tersebut,  maka panitia mengundang  Dr. Agam Bayu Suryanto, MBA,  Kabag Pengembangan Biro SDM Setjen Kemdikbud yang juga pionir program ZI WBK ini. Dr. Agam yang ternyata awal sebagai ASN adalah CPNS di LPMP DKI Jakarta (dulu masih BPG)  menyampaikan  sosialisasi ZI WBK begitu antusias untuk mengajak seluruh warga LPMP melakukan perubahan mindset agar Reformasi Birokrasi segera terwujud di lingkungan LPMP DKI Jakarta.

Selain beliau, diundang pula Bpk. Sujana Gitanegara, S.T., M.Ak, QIA, C.Fr.A, Kasubbag Keuangan Itjen Kemendikbud dan juga auditor Investigasi untuk mendampingi  peserta dalam melakukan evaluasi, reviu capaian, pengembangan, penyusunan bukti dan rencana aksi dokumen pembangunan ZI WBK.

Peserta kegiatan terdiri dari seluruh unsur tim ZI WBK, Tim SPI dan SPIP, Tim Unit Layanan Terpadu (ULT), agen Perubahan LPMP DKI Jakarta dan 3 orang Staf LPMP Banten. Peserta dibagi menjadi 6 tim kerja yang merupakan area perubahan yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penataan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Penguatan Kualitas Pelayanan Publik. Dengan sistem pendampingan di setiap tim kerja dan pemaparan hasil kerja di depan Bapak Sujana selaku pendamping, akhirnya kegiatan ini ditutup oleh Bapak Syamsul Arifin, S.Sos., Kasubbag Umum LPMP DKI Jakarta.

Semangat Pagi… Pagi… Pagi… Luar Biasa.

Salam perubahan, semoga niat baik ini terwujud sebagai upaya Pembangunan ZI WBK di LPMP DKI Jakarta.

(dsl)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta