Workshop Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja LPMP DKI Jakarta Tahun 2018

Pusdiklat Pegawai Kemendikbud, 21 s.d 24 November 2018

Workshop Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja LPMP DKI Jakarta merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka implementasi SAKIP di LPMP DKI Jakarta. Hal utama yang dihasilkan dari kegiatan tersebut adalah Laporan Akuntabilitas Kinerja sebagai pertanggungjawaban dari kontrak kerja seluruh unit kerja di LPMP DKI Jakarta. Rekomendasi yang tersusun dalam laporan tersebut digunakan untuk perbaikan/peningkatan kinerja tahun berikutnya. Secara keseluruhan, laporan ini merupakan bahan evaluasi internal dalam pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga.

Kegiatan dibuka oleh Kasubbag Umum LPMP DKI Jakarta, Bapak R. Syamsul Arifin, S.Sos, diikuti oleh para peserta workshop yang berjumlah 36 orang. Jumlah tersebut meliputi Tim Kinerja, Tim SPIP, dan Tim SPI yang merupakan kontributor wajib sebagai Tim SAKIP LPMP DKI Jakarta. Selain Tim SAKIP, kegiatan ini juga melibatkan staf fungsional PTP dan fungsional umum lainnya.

Kegiatan ini difasilitasi oleh nara sumber kompeten di bidangnya masing-masing. Bapak Ali Murwani, Konsultan RBI Kemendikbud, menyampaikan materi Menciptakan Reformasi Budaya Kerja; Bapak Katman, S.Pd, MA, Kasubbag Evaluasi Setditjen Dikdasmen Kemendikbud, menyampaikan materi Sinkronisasi LAKIP Dikdasmen dengan LAKIP LPMP; Bapak Imran Masyhadi, S.Kom, Staf Biro Keuangan Kemendikbud, menyampaikan materi Teknis Penggunaan Kertas Kerja Evaluasi untuk Penilaian SAKIP; dan Dr. Cyti Daniela Aruan, Kasubbag Kebijakan Biro PKLN Kemendikbud, menyampaikan materi Analisis Capaian Renstra.

Tujuan inti dari kegiatan ini sebagai koordinasi dan singkronisasi dalam pengolahan data kinerja dan penyusunan jadwal serta teknis pelaksanaan pengawasan internal terkait implementasi SAKIP di LPMP DKI Jakarta. Selain itu, kegiatan ini merupakan ruang untuk penguatan pemahaman tentang reformasi birokrasi instansi. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini terkumpulnya draft laporan kinerja dengan status penyelesaian 60%. Final dari laporan ini disepakati seluruh Tim SAKIP dapat terealisasi pada tanggal 11 Desember 2018.

Kegiatan diakhiri dengan penguatan komitmen bersama untuk berkinerja lebih dari yang distandarkan. Sesi ini dimotori oleh Tim Perencanaan LPMP DKI Jakarta sebagai tim yang ditunjuk oleh seluruh Tim Manajemen yang sedang bertugas mengikuti Raker Dikdasmen di Yogyakarta. Sesi akhir ini juga didampingi oleh Widyaiswara LPMP DKI Jakarta, Bapak Sudirman. Penyampaian pesan dari Kepala LPMP DKI Jakarta dilakukan oleh PJ kegiatan workshop, Ibu Hertanti Erna Kesuma. Pesan pimpinan tersebut tertuju bagi seluruh warga LPMP DKI Jakarta untuk siap melaksanakan komitmen berkinerja, kerja inovatif, kreatif dan kerja ibadah.

   

Dengan kesadaran bahwa SAKIP, ZI-WBK, SPIP dan SPI merupakan tanggung jawab bersama, kami siap meraih beyond accountability. Salam Perubahan. LPMP DKI Jakarta, Jaya! (dsl)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta