Workshop Penguatan SPIP dan SPI dalam mewujudkan ZI WBK tahun 2018

SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien. Selain itu SPIP dan SPI sebagai komponen penting dalam tegaknya ZI-WBK harus dioptimalkan peran dan fungsinya.

Sehubungan dengan hal tersebut, LPMP DKI Jakarta melaksanakan Workshop Penguatan SPIP dan SPI dalam Mewujudkan ZI-WBK Tahun 2018 untuk mempersiapkan SDM LPMP DKI Jakarta dalam mengimplementasikan SPIP dan SPI. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Surya Fitri Nurul Huda, Kepala LPMP DKI Jakarta. Pada sambutannya disampaikan bahwa Kegiatan Workshop ini adalah agar SPIP dan SPI dapat dihidupkan dan diaktifkan kembali sehingga dapat mendukung terwujudnya ZI WBK dengan lebih optimal. Tujuan dari kegiatan ini sebenarnya adalah memberi penguatan tentang pentingnya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP); memberi penguatan tentang pentingnya Satuan Pengawas Intern di lingkungan (SPI) LPMP DKI Jakarta; menyusun perangkat penilaian risiko di lingkungan LPMP DKI Jakarta dan menyusun perangkat evaluasi tata kelola pengendalian internal di lingkungan LPMP DKI Jakarta

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 28 s.d. 31 Agustus 2018 di Hotel Harper MT Haryono, Jl. MT Haryono Kav 6-7 (Jl. Biru Laut X) Cawang, Jakarta Timur. Diikuti oleh 50 orang terdiri dari Tim SPIP, Tim SPI, Tim Kinerja , Tim ZI-WBK , Tim ULT, Tim Publikasi dan PPNPN.

Materi yang disampaikan oleh bapak Dr. Thamrin Kasman, Inspektur II Itjen Kemdikbud, Dr. Agam Bayu Suryanto, MBA, Kabag Pengembangan Biro SDM Setjen Kemdikbud, dan Bapak Sujana Gitanegara ST, M.Ak,QIA, C.Fr.A, Kasubag Keuangan Itjen Kemendikbud dengan teknis paparan dan pendampingan adalah membahas tentang Peran SPIP dan SPI dalam Pembangunan ZI-WBK, Kebijakan ZI-WBK di Lingkungan Kemdikbud, Evaluasi Tata Kelola Pengendalian Internal yang Mendukung ZI-WBK di LPMP DKI Jakarta, Pengendalian di Lingkungan Kemdikbud melalui Penilaian Resiko (Implementasi SPIP-Penilaian Resiko).  Seluruh materi yang disampaikan diikuti oleh peserta dengan antusias sehingga diakhir kegiatan menghasilkan peta resiko dan perangkat pengawasan internal.

Kegiatan ditutup oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, didampingi oleh Bapak Sujana. Bapak Sujana menyampaikan kesannya, bahawa beliau optimis dengan antusias dari peserta dalam mengikuti materi insyaallah tatakelola pengendalian internal lembaga akan kembali hidup dan ZI-WBK akan segera terwujud di LPMP DKI Jakarta.

Salam Perubahan (dsl)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK