Workshop Penguatan Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Bagi TPMPD

Dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan program penjaminan mutu pendidikan dan menguatkan kompetensi sumber daya manusia Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD), LPMP DKI Jakarta melaksanakan Workshop Penguatan Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Bagi TPMPD. Secara khusus kegiatan workshop bertujuan untuk menguatkan kompetensi TPMPD tentang:

  1. Evaluasi pemetaan mutu pendidikan tahun 2018;
  2. Pemanfaatan data mutu oleh pemerintah daerah/sekolah untuk perencanaan
  3. Evaluasi pengembangan sekolah model;
  4. Penguatan indikator keberhasilan sekolah model;
  5. Sinkronisasi program Penjaminan Mutu Pendidikan di DKI Jakarta
  6. Evaluasi pengimbasan penjaminan mutu pendidikan.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari (25 s.d. 27 Oktober 2018) di Best Western Premier The Hive, Jl. DI Panjaitan Kav. 3-4, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur.  Peserta workshop berjumlah 55 orang yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Propinsi, Suku Dinas Pendidikan se-DKI Jakarta, Pengawas Sekolah dan LPMP DKI Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, Surya Fitri Nurulhuda, S.E., M.Si dengan didampingi oleh Kasi Pemetaan Mutu dan Supervisi, Upi Purnamasari, S.Si. Dilanjutkan dengan Kebijakan Dinas Pendidikan tentang penjaminan mutu pendidikan di Provinsi DKI Jakarta, yang disampaikan oleh Kepala Bidang Program dan Penganggaran Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Drs. Gunas Mahdianto, M.Si.

Pelaksanaan kegiatan Workshop ini sangat padat informasi dan materi. Diawali dengan membahas Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Melalui Sekolah Model dan Sekolah Rujukan di DKI Jakarta oleh Jefri F Haloho, ST, MM, Satgas PMP. Dilanjutkan dengan Progres Pemetaan Mutu Pendidkan Tahun 2018 dan Pemanfaatan Hasilnya Untuk Peningkatan Mutu disampaikan oleh Satgas, Dr. Muhamad Rifan, M.Si. Sedangkan untuk Evaluasi Pelaksanaan PMP di DKI Jakarta tahun 2018 disampaikan oleh Kepala Pusdatikomdik Dinas Pendidikan  Provinsi DKI Jakarta, Dr. H. Maridi, dan Sinkronisasi program PMP Tahun 2019 disampaikan oleh Drs. Gunas Mahdianto, M.Si, Kabid Perencanaan dan Penganggaran Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Materi terakhir mengenai Evaluasi pelaksanaan Sekolah Model disampaikan oleh Kasi Pemetaan Mutu dan Supervisi, Upi Purnamasari, S.Si, dilanjutkan dengan Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Sekolah Model.

Hasil workshop berupa kesepakatan-kesepakatan dalam penjaminan mutu di DKI Jakarta tahun 2018, diantaranya yaitu :

  1. Dinas Provinsi DKI Jakarta akan menambah sasaran sekolah model penerapan SPMI yang akan didanai dari APBD yaitu : SD di setiap gugus 1 sekolah model SPMI, SMP, SMA dan SMK di setiap kecamatan 1 sekolah model SPMI
  2. Bimbingan Teknis dalam Pemetaan dan Pengisian Dapodik akan dianggarkan di Pusdatikomdik DKI Jakarta untuk seluruh sekolah tahun 2019

  

Dua hal kesepakatan tersebut di atas dalam rangka memperluas sasaran sekolah yang menerapkan SPMI, dan mengawal “Gerakan SPMI untuk meningkatkan Mutu Pendidikan di DKI Jakarta” surat kebijakan di DKI Jakarta “Satu data satu kebijakan”.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK