Workshop Analisis Data Mutu Pendidikan dan Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu Tahun 2018

- Ati Rosidah, S.Ag., M.Pd. -

Penjaminan mutu pendidikan dapat dilihat sebagai sebuah siklus yang dimulai dari pemetaan mutu, penyusunan rencana peningkatan mutu, pelaksanaan rencana, dan monitoring/evaluasi pelaksanaan pemenuhan mutu dan penyusunan strategi baru yang bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan. Untuk memastikan seluruh satuan pendidikan di DKI Jakarta telah melaksanakan pemetaan mutu pada tahun 2018, LPMP DKI Jakarta melakukan kegiatan pengumpulan data PMP untuk seluruh sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di provinsi DKI Jakarta. Hasil pengumpulan data tersebut diharapkan dapat memetakan secara utuh keadaan capaian mutu pendidikan khususnya di Provinsi DKI Jakarta terkait capaiannya terhadap Standar Nasional Pendidikan (SNP), dan perlu dianalisis lebih lanjut sehingga dapat tersusun peta mutu pendidikan di DKI Jakarta yang informatif dan menyeluruh.

Workshop ini berlangsung selama 4 hari dari tanggal 27 sampai dengan 30 November 2018 di Hotel Kristal Cilandak Barat Jakarta Selatan. Kegiatan diikuti oleh 104 orang peserta yang melibatkan unsur Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Unsur Suku Dinas Pendidikan se-DKI Jakarta, pengawas sekolah, perwakilan kepala sekolah, perwakilan guru, widyaiswara dan fungsional umum LPMP DKI Jakarta. Kegiatan dimulai pada hari Selasa, 27 November 2018 pada pukul 14.00 dibuka oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, Surya Fitri Nurulhuda, SE., M.Si dengan didampingi Upi Purnamasari, S.Si. Kasi Pemetaan Mutu dan Supervisi. Setelah pembukaan dilanjut dengan materi oleh narasumber dari Tim Satgas PMP, Jefri F Haloho, M.M. terkait Pemanfaatan Data Mutu Untuk Perencanaan Pendidikan dan Muhamad Rifan, M.Si. terkait Data Mutu Hasil Pemetaan 2018.

Materi di hari berikutnya adalah Arah Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam Mengawal Program Pemetaan Mutu Pendidikan oleh Dr. Maridi, Kepala Pusdatikomdik Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dilanjutkan materi terkait Teknik Analisis Hasil Pemetaan Mutu oleh Dr. Ir. Efriani Dosen Statistika IPB.

Setelah selesai materi, peserta dibagi dalam 2 kelas. Kelas A terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Unsur Suku Dinas Pendidikan se Provinsi DKI Jakarta yang melakukan analisis data PMP dan menyusun rekomendasi peningkatan mutu berdasarkan peta mutu Kab/Kota sesuai jenjang pendidikan baik SD, SMP, SMA dan SMK. Sementara Kelas B membuat analisis SWOT terhadap rapor mutu sekolah untuk menyusun katalog program untuk rekomendasi sub kegiatan yang bisa diinput satuan pendidikan pada ERKAS.

Di akhir kegiatan para Kasudin dan kepala P2KPTK2 merasa puas dan sangat mengapresiasi kegiatan ini karena mereka dapat menganalisis peta mutu di wilayahnya masing-masing. Mereka dapat menyusun rekomendasi peningkatan mutu yang selama ini dibuat dengan memanfaatkan jasa konsultan dengan bayaran yang cukup mahal.  Oleh karena itu kegiatan ini sangat berguna dan sangat dibutuhkan sekali oleh mereka yang langsung membina sekolah, sehingga ke depannya program-program peningkatan mutu  bagi sekolah yang dilakukan oleh sudin dan P2KPTK2 akan fokus terhadap peningkatan mutu berdasarkan pencapaian 8 Standar Nasional Pendidikan.

Dengan berakhirnya kegiatan ini tersusun Laporan Analisis Hasil Pemetaan Mutu yang meliputi: Analisis Peta mutu capaian 8 SNP Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi; Rekomendasi Program Peningkatan Mutu Pendidikan di Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi; dan Katalog Program Peningkatan Mutu untuk satuan pendidikan.

Semoga hasil kajian yang diperoleh dapat dijadikan acuan/dasar pengembangan program peningkatan mutu pendidikan di tingkat sekolah, kabupaten/kota, dan provinsi.

  

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta