Temu Koordinasi Perpustakaan di Lingkungan Kemdikbud

Koordinasi adalah salah satu unsur penting dalam sebuah organisasi dimana kita dapat memantau dan mengevaluasi kendala apa saja yang muncul dalam pelaksnaan tugas-tugas perpustakaan. Selain itu kita juga dapat mengetahui peningkatan atau pengembangan apa saja yang sudah dicapai. LPMP DKI Jakarta sebagai salah satu perpustakaan UPT Kemdikbud turut mendukung kegiatan “Temu Koordinasi Perpustakaan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan” pada tanggal 27 s.d. 29 Juli 2018 di Hotel Java Paragon Surabaya. Acara dibuka oleh Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Bapak Ari Santoso dan Kepala Bagian Publikasi Bapak Luluk Budiyono. Acara ini diikuti 55 peserta seluruh pengelola Perpustakaan UPT Kemdikbud.

Dari seluruh rangkaian materi dan pembahasan, ada satu hal yang bisa menjadi point inti untuk perpustakaan, yaitu bagaimana kreativitas pengelola perpustakaan untuk mengupayakan perpustakaan bukan lagi hanya sebagai unsur pelengkap tetapi menjadi sebuah kebutuhan untuk penggunanya.

Dalam Temu Koordinasi ini Perpustakaan LPMP DKI Jakarta diberi kesempatan untuk memaparkan salah satu program yaitu “Perpustakaan Keliling”,  Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta selalu hadir dengan dongeng yang bermuatan karakter dan budi pekerti. Sebagai bentuk dukungan  Gerakan Literasi Sekolah dan Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah. Dalam pemaparan ditampilkan juga foto foto armada dan pelaksanaan kegiatan Perpustakaan Keliling  di Sekolah Model Provinsi DKI Jakarta. Keantusiasan peserta nampak dari beberapa pertanyaan yang disampaikan tentang Perpustakaan Keliling ini, mulai dari bagaimana dengan dukungan pimpinan, pendanaan, personil dan pelaksanaan teknis di lapangan.

Dapat disimpulkan inti dari koordinasi ini adalah bermuara pada bagaimana Perpustakaan meningkatkan kinerjanya agar lebih bermanfaat untuk organisasinya dan untuk masyarakat.

Salam Literasi

(Ijah Rochimah)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK