Seminar Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan LPMP DKI JAKARTA

Mengambil tema Pemanfaatan Jurnal dalam Peningkatan Profesionalisme Kependidikan, Selasa 7 Agustus 2018, LPMP DKI Jakarta mengundang 100 peserta dari unsur guru, kepala sekolah, dosen, pengawas, praktisi pendidikan, serta tenaga fungsional lainnya. Kegiatan ini digelar dalam rangka mengevaluasi pemanfaatan jurnal terhadap peningkatan profesionalisme kependidikan, meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel jurnal hasil penelitian ilmiah yang sesuai dengan kaidah keilmiahannya, serta memperkenalkan media Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan sebagai wadah publikasi artikel ilmiah.

Pada sesi pertama, setelah pembukaan pada pukul 08.00 oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, Surya Fitri Nurulhuda, S.E., M.Si, diulas secara singkat dan padat mengenai bentuk publikasi yang ada di LPMP DKI Jakarta oleh Kepala Seksi Sistem Informasi, Widyatmo, M.Pd. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan materi yang mengupas jurnal dan manfaatnya untuk peningkatan profesionalisme kependidikan yang disampaikan oleh Dr. Kadir, M.Pd. Beliau adalah dosen UIN Syarif Hidayatulah dan merupakan salah satu dari 5 orang mitra bestari pada tim Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan LPMP DKI Jakarta tahun 2018. Beliau memberikan pemahaman betapa pentingnya menulis, khususnya tulisan ilmiah. Belajar membaca kondisi, fenomena di suatu lingkungan yang bermasalah kemudian menuliskan, menganalisa dan meramu permasalahan untuk mendapatkan suatu pengetahuan baru yang dikaji secara ilmiah. Paparan mengenai struktur tulisan ilmiah, kendala-kendala dalam membuat tulisan ilmiah serta kiat jitu menulis artikel berlangsung hingga pk.12.00.

Sesi kedua berisi paparan dari Drs. Parimpunan, M.Pd., Destriya Andru, M.Pd., Supriyanto, M.Pd. dan Seni Asiati, M.Pd. Keempat narasumber ini adalah para penulis yang  aktif dan potensial dalam menulis artikel ilmiah dan karyanya pernah dimuat di JLMP.  Paparan dikupas dan diulas dengan menarik dengan pembahasan oleh 2 orang moderator. Dr. Christina Tulalessy  adalah tenaga fungsional umum pada Puskurbuk dan merupakan salah satu mitra bestari JLMP selama dua tahun terakhir yang cukup piawai dan jeli dalam mengupas konten penelitian ilmiah. Dan tenaga fungsional umum LPMP DKI Jakarta, Yulie Apsari, S.Si., M.Pd.

Sesi ini tidak kalah menariknya, di mana di dalam pembahasan dideskripsikan secara singkat proses dimulainya awal penelitian sampai menjadi  suatu hasil penelitian. Kemudian dilanjutkan dengan upaya untuk mempublikasikannya dengan menyusun suatu artikel dalam sebuah media, yaitu jurnal dengan memberikan contoh-contoh yg pernah mereka lakukan di JLMP.  Kolaborasi tim juga menjelaskan hal-hal tentang artikel yang akan dipublikasikan dalam suatu jurnal, mensosialisasikan gaya selingkung atau sistem penulisan standar yang harus diikuti dan dilakukan penulis yang memasuki suatu media jurnal. Tim pun mengupas tuntas, manfaat yang diperoleh dari penulis untuk artikel yang sudah dipublikasikan di jurnal, baik  untuk dirinya, lingkungan sekolahnya maupun lingkungan sosialnya.  Sesi pembahasan ini dihujani pertanyaan pertanyaan yang terkait dengan materi  dari besarnya antusias para peserta yang hadir. Para peserta mengikuti jalannya kegiatan dengan penuh semangat, dibuktikan dengan kehadiran peserta dari awal sampai dengan akhir kegiatan pk. 17.00, penuh keceriaan dan rasa ingin tahu yang besar, serta pengiriman naskah berdatangan hadir pada beranda email JLMP usai kegiatan.  Pengharapan terbesar dari peserta adalah LPMP dapat mewadahi kegiatan dalam upaya meningkatkan kualitas kependidikan  dengan pembinaan khusus tentang penelitian ilmiah,  penelitian tindakan kelas, maupun penyusunan karya tulis.

Seminar ini memberi manfaat yang banyak, baik kepada LPMP DKI Jakarta maupun para stakeholder. Sehingga kedepannya dapat direncanakan program pengembangan dan inovasinya sebagai salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta