Rapat Koordinasi Sosialisasi DAPODIK bagi Kepala Sekolah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018

LPMP DKI Jakarta sebagai Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan Kebudayaan dalam hal ini memiliki tugas melakukan pengawasan dan peningkatan kualitas data di Provinsi DKI Jakarta.  Sebagai upaya untuk memperbaiki mutu data sekolah tersebut maka diperlukan sosialisasi bagi kepala sekolah yang operatornya sudah mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Dapodik beberapa hari yang lalu. Hal ini diupayakan agar terjadi kesamaan persepsi dalam mengelola sistem pendataan pendidikan dasar dan menengah dan pendataan yang dilakukan oleh satuan pendidikan mencapai target pendataan yang valid, bermutu dan terintegrasi sesuai dengan Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 3 angkatan (16 s.d. 18 Oktober 2018) dan tiap angkatannya dilaksanakan selama 1 hari dengan pola 8 JP. Setiap kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP DKI Jakarta Surya Fitri Nurulhuda SE, M.Si didampingi oleh Widyatmo, M.Pd selaku Kasi Sistem Informasi. Materi sosialisasi meliputi Kebijakan Pendataan Dikdasmen Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018, Strategi Pengawasan DAPODIK Provinsi DKI Jakarta dan Paparan Hasil Verifikasi dan Validasi data sekolah.

Pada kebijakan pendataan Dikdasmen yang disampaikan oleh Dr. Maridi dari Pusdatikomdik Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, disebutkan bahwa pihak satuan pendidikan hendaknya selalu melakukan updating data satuan pendidikannya melalui DAPODIK karena data DAPODIK ini akan menjadi sumber data untuk berbagai kepentingan program-program Dinas. Disampaikan juga bagaimana peran dan tugas kepala sekolah dalam mengawal DAPODIK bersama operator sekolah. Materi selanjutnya disampaikan oleh Widyatmo, M.Pd. tentang strategi pengawasan DAPODIK, yang secara rinci disampaikan bahwa pengawasan DAPODIK ini dilakukan mulai dari bawah yaitu dari satuan pemdidikan.

Karena data yang nantinya akan dijadikan untuk mengambil kebijakan pada pemangku jabatan yang berkepentingan itu akan dimulai dari data terendah yaitu satuan pendidikan. Strategi yang dilakukan oleh LPMP DKI Jakarta untuk menjalankan fungsinya melakukan pengawasan adalah melalui aplikasi PMP yang sebelumnya sudah dilakukan dan yang terbaru adalah mulai dari Bimbingan Teknis peningkatan kualitas DAPODIK ini agar data yang diinput dan diupdate oleh operator sekolah adalah benar-benar data yang bermutu dan berkualitas.

Di akhir kegiatan Tim Staf SI juga memaparkan hasil verifikasi dan validasi yang sudah dilakukan oleh para operator sekolah saat kegiatan Bimbingan Teknis. Begitu antusiasnya para kepala sekolah untuk melihat hasil verval tersebut, karena Tim SI menyajikan nilai tsb dalam bentuk nilai sebelum pelaksanaan imbingan teknis dan nilai sesudah pelaksanaan bimbingan teknis yang rerata seluruh sekolah mengalami peningkatan, yaitu untuk data sarpras, peserta didik, PTK dan rombel. Disampaikan juga oleh tim hasil survey kendala yang dihadapi oleh operator dalam menggunakan DAPODIK, yang diharapkan jika kendala tersebut berasal dari internal satuan pendidikan, maka pihak kepala sekolah dapat mencari solusi untuk peningkatan kualitas data satuan pendidikan.

Semoga langkah awal yang dilaksanakan LPMP DKI Jakarta untuk melaksanakan fungsi pengawasan terhadap data serta sistem informasi ini dapat terus meningkatkan kualitas data dari satuan pendidikan.

 

Salam satu data (dsl)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta