Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta

Masih dalam suasana memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pada hari Selasa, 21 Agustus 2018, tim Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta berkunjung ke salah satu sekolah model di DKI Jakarta, SDN Duren Sawit 02 Pagi, dengan mengambil tema “Membangkitkan rasa patriotisme sejak dini melalui membaca”. Selain tim Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta, hadir pula Tim TV Edukasi Pustekkom, Kemdikbud untuk meliput kegiatan ini.

Kegiatan diawali dengan mengenal pahlawan-pahlawan nasional Indonesia yang dipandu oleh Kak Noni pada siswa-siswi kelas 3 (2 rombongan belajar) di aula sekolah, diselingi dengan menyanyikan lagu daerah sebagai pengantar permainan. Kegiatan awal ini sangat efektif untuk melebur suasana dan menarik minat mereka untuk menyimak.

Kegiatan dilanjutkan dengan mendongeng tentang “Joko Tole”, yang disajikan oleh kak Iyah. Ini adalah sebuah cerita rakyat dari Madura yang memiliki nilai kepahlawanan dan sifat-sifat jujur yang patut ditiru dan diteladani. Kegiatan ini tidak kalah menariknya, ditambah dengan unjuk kebolehan 2 bintang tamu adik-adik berprestasi dari Pencak Silat Pamur yang menang pada lomba O2SN di tingkat provinsi.

Kunjungan ini mendapat sambutan hangat, baik dari pihak sekolah maupun siswa. Wakil kepala sekolah, Drs. Andut Wandi mengatakan bahwa kegiatan seperti sangat menarik karena para siswa mendapat suasana baru dalam belajar, dan bahwa proses pembelajaran pun dapat berlangsung di luar kelas. Beliau berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Semoga kegiatan perpustakaan keliling, sebagai salah satu bentuk dukungan Gerakan Literasi Sekolah dan Gerakan Literasi Nasional, dapat memberi manfaat yang besar bagi semua pihak, khususnya adik-adik pelajar agar semakin gemar membaca.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK