Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta Tahun 2018

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Gerakan Literasi Sekolah pada tahun 2015. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik dengan melibatkan seluruh warga sekolah (guru, peserta didik, orang tua/wali murid) dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan. Gerakan Literasi Sekolah diluncurkan guna memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti yang sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015.

Dengan dicanangkannya gerakan literasi sekolah dan gerakan literasi nasional, Perpustakaan LPMP DKI Jakarta turut berperan serta dengan memberikan layanan Perpustakaan Keliling. Konsep Perpustakaan Keliling yang diselenggarakan oleh Perpustakaan LPMP ini sama halnya dengan Perpustakaan Keliling lainnya, yang bergerak mendatangi penggunanya dengan tujuan utama kampanye gemar membaca, selain itu berbagai aktivitas literasi berupa mendongeng, puisi, story telling, permainan tradisional dan juga layanan baca di tempat dengan buku-buku cerita anak komunikatif terbaru yang sarat pengetahuan dan juga bermuatan penumbuhan budi pekerti. Hal lain yang difasilitasi oleh Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta ini adalah :

  • Buku cerita anak terbaru (up to date) dengan judul yang variatif
  • SDM yang komunikatif dan interaktif pada anak
  • Rangkaian acara yang menarik sehingga meninggalkan kesan membaca itu menyenangkan untuk anak

Pelaksanaan Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta ini masih bersifat uji coba untuk 10 titik sekolah sasaran (Sekolah Model jenjang SD) di 5 wilayah di DKI Jakarta, Adapun sekolah yang sudah dikunjungi oleh Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta adalah sbb :

  1. SDN Sunter Agung 05 Pagi Jakarta Utara (Selasa, 13 maret 2018).  Tim LPMP DKI Jakarta terdiri dari 5 orang, 1 dokumenter dari luar dan dipantau oleh tim Darma Wanita LPMP DKI Jakarta. Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas 1 sejumlah sekitar 70 siswa diisi dengan aktivitas bermain secara edukatif tentang ekspresi perasaan (bahagia, sedih, marah dan takut) dan penekanan pada pembacaan buku cerita tentang perasaan bahagia. Aktivitas  dalam kelas seperti mendengar cerita, menuliskan perasaan dan menggambar ekspresi wajah masing-masing yang diselingi dengan bermain tepuk, menyanyi, kuis, dan pemberian hadiah bagi siswa yg aktif, serta pemberian kenang-kenangan untuk sekolah.  Kemudian siswa diajak ke lapangan sekolah untuk memilih dan membaca buku bersama dengan didampingi membaca oleh tim Pusling LPMP DKI Jakarta
  2. SDN Gandaria Selatan 01, Jakarta Selatan (Selasa, 27 Maret  2018). Kegiatan tim Pusling yang kedua menghadirkan dongeng cerita rakyat Jawa Tengah “Timun Mas” yang dibawakan secara ekspresif dan komunikatif dengan properti dongeng lengkap. Siswa sangat antusias melihat penampilan dan isi cerita dari  pendongeng  Hal ini nampak dari  aktifnya anak-anak menjawab selingan pertanyaan dari pendongeng  Dongeng  ini memiliki pesan bahwa kecerdikan akan mengalahkan kekuatan yang tak didukung kepandaian  Untuk para peserta didik yang tidak dapat mendengar dongeng, dapat membaca buku yang dibawa di mobil pusling.
  3. SDN Halim 01, Jakarta Timur (Senin, 9 April 2018).  Kunjungan Tim Pusling LPMP DKI Jakarta kali ini bertema  dongeng “e-book seru juga” Siswa kelas 2 diajak berliterasi dengan buku bacaan nyata dan dikenalkan dengan membaca dan mendongeng melalui buku elektronik.  Kegiatan ini menarik perhatian siswa dan menambah wawasan guru kelas untuk menggunakan metode ini dalam berliterasi. “Kedepannya, berharap perpustakaan keliling LPMP DKI Jakarta dapat kembali mengunjungi SDN Halim 01 untuk memberikan pengenalan literasi bagi kelas lainnya” begitu sambutan dari Ibu Friska, Kasek SDN Halim 01 di akhir kegiatan Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta ini.
  4. SDN Cempaka Putih Timur 01, Jakarta Pusat (Selasa, 10 April  2018). Tim Pusling menampilkan Fabel “Buaya yang Rakus”, yang menjadi salah satu daya tarik dalam kegiatan yang melibatkan 83 siswa kelas 3.  Selain mendongeng, acara diisi dengan games interaktif dan membaca buku. Antusiasme peserta sangat terlihat pada saat sesi games. ”Acara ini sangat bagus untuk menumbuhkan minat baca pada siswa, kami berharap ada kunjungan seperti ini lagi ke depannya” demikian disampaikan Ibu Mawarni selaku Kepala Sekolah SDN Cempaka Putih 01 Pagi, Jakarta Pusat.
  5. SDN Pegangsaan Dua 03 Jakarta Utara (Kamis, 19 April 2018).  Pada kunjungan berikutnya Tim Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta menampilkan kisah “Si Pitung Jagoan Betawi”. Berlatar dari Indonesia yang kaya akan budaya dimana budaya tradisional tak hanya tarian, lagu, alat musik, rumah adat, dan makanan, tetapi juga seni bela diri. Dalam kesempatan ini ditampilkan pencak silat yang merupakan salah satu seni bela diri budaya Indonesia dan juga  memiliki nilai-nilai luhur akan rasa patriotisme atau bela negara melalui kisah “Si Pitung Jagoan Betawi”, sebagai upaya  Literasi budaya Mendukung #GLS#GLN#GERNASBAKU
    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta