Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta Semester 2 Tahun 2018

Ijah Rochimah

Aksi literasi tim pusling LPMP DKI Jakarta kembali hadir, setelah sempat terjeda oleh libur kenaikan kelas kemudian disambung oleh libur Idul Fitri yang cukup panjang. Mengawali kunjungan, tim pusling duo harmoni kak Moko dan kak Irni meyampaikan tema literasi “Cita citaku”. Lengkap dengan sepasang boneka Monik dan Niko. Kak Moko berupaya untuk membangkitkan motivasi dan menumbuhkan inspirasi melalui dongeng dan selalu menyisipkan games interaktif juga lagu-lagu yang sarat dengan semangat  di dalamnya. Bertempat di SDN Pinangsia 01 Jakarta Barat di tanggal 6 September 2018 kesembilan puluh siswa sangat antusias mengikuti apa yang disampaikan.

Masih dalam bulan yang sama, tepatnya 10 September 2018,  Hewan ‘Dinosaurus’ adalah tema yang diusung oleh tim pusling saat berkunjung ke SDN Kebon Sirih 01 Jakarta Pusat. Dinosauraus memiliki jenis yang beragam, ada Brontosaurus, Tyranosaurus, Triceratops dan banyak lagi. Jenis makanannya berbeda karakter, kebuasannyapun tak sama. Kesemua itu dikemas dalam cerita, lagu dan games interaktif oleh kakak Okta.

Literasi Kesehatan adalah tema yang mengakhiri kunjungan pusling dibulan September. Kakak  Rita Kumalasari yang merupakan seorang dokter LPMP DKI Jakarta menyampaikan tentang pentingnya menjaga kesehatan melalui kebersihan seperti mandi teratur, cuci tangan sebelum makan, menjaga kebersihan sekitar hingga jenis-jenis jajanan tak sehat yang akhir-akhir ini sering muncul dan  menjadi kasus di sekolah-sekolah. Siswa siswi SDN Pela Mampang 14 Jakarta Selatan menyambut dengan ceria tim pusling yang hadir di 20 September 2018 ini.

Tak kalah seru, kunjungan di awal 9 Oktober 2018 ini menghadirkan Kak Nina yang menyampaikan cerita daerah kepulauan Riau yaitu “Sahabat Kecil Putri Pandan Berduri”. Cerita ini mengisahkan persahabatan antara Putri Pandan Berduri dan Jenang Perkasa yang meskipun telah terpisah oleh tempat yang jauh dan waktu yang begitu panjang disaat mereka kecil, namun masih dapat menjalin dan membangun pertemanannya saat kembali dipertemukan di usia remaja. Siswa siswi SDN Joglo 10 larut dalam kecerian lagu-lagu karakter dan games interaktif yang disampaikan oleh tim pusling.

Dalam setiap kunjungannya tim pusling LPMP DKI Jakarta selalu menyampaikan tema literasi yang berbeda, tak lupa umpan balik selalu diberikan seperti pertanyaan-pertanyaan seputar dongeng dan juga aktifitas menceritakan kembali. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa menyimak apa yang disampaikan. Sekecil apapun bentuk kemampuan mereka bertutur akan selalu diapresiasi dengan pujian atau tepuk tangan. Karena hal itu dapat menjadi salah satu pendorong untuk anak tertarik akan membaca.

 

Salam Literasi

Tim Perpustakaan Keliling LPMP DKI Jakarta

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK