Pendampingan Teknis Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SMK

Tahun 2018 ini, LPMP DKI Jakarta memiliki program fasilitasi peningkatan mutu pendidikan yaitu Pendampingan Teknis Pengembangan Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 SMK yang dilaksanakan pada tanggal 12 – 15 September 2018, di Wisma Hijau, Jl. Raya Bogor KM 30, Mekarsari, Depok. Pada kegiatan ini, peserta yang terdiri dari unsur pengawas, kepala sekolah dan guru mata pelajaran C1, C2, C3 duduk bersama menyusun perangkat pembelajaran dan perangkat penilaiannya sesuai dengan kaidah yang benar. Peserta juga belajar bagaimana praktik pembelajaran menggunakan lesson study dan melakukan revisi perangkat pembelajaran hasil praktik lesson study.

Pembukaan diawali dengan laporan kegiatan oleh Kasi FPMP Ibu Rina Harjanti, S.Si dan dilanjutkan pengarahan oleh Kepala LPMP DKI Jakarta Bapak Surya Fitri Nurulhuda, S.E., M.Si. Hadir sebagai narasumber adalah Kasubdit Kurikulum Direktorat Pembinaan SMK, Kemdikbud Bapak M. Widiyanto, S.Pd, MM; Konsultan Direktorat Pembinaan SMK, Kemdikbud  Bapak Dr. Ir. Widi Agustin, MP; Kasi Kurikulum dan Penilaian SMK Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Bapak Drs. Wurdono, M.Pd. Tim fasilitator kegiatan ini terdiri dari yaitu Widyaningtyas Sistaningrum, SE, MM; Dr. Yuyun Nuriah; Ir. I Gede Mahabratah, MP; Drs. Suwarkono, M.Si; dan pengawas SMK yaitu Dr. Wannen Pakpahan dan Dr. Esih Setianingsih, MM.

Produk-produk yang telah dihasilkan pada kegiatan ini adalah :

  1. Silabus berbasis kecakapan Abad 21
  2. RPP berbasis SKKNI
  3. Kisi-kisi soal dan instrumen penilaian
  4. Hasil pratik pembelajaran dengan model lesson study

   

Diharapkan produk-produk yang dihasilkan tersebut dapat menjadi acuan dalam melaksanakan pendampingan operasional pembelajaran dan penilaian jenjang SMK tahun ini dan pada akhirnya kegiatan pendampingan yang dilaksanakan memberikan dampak yang bermakna bagi pendidik dan peningkatan mutu pembelajaran dan penilaian di sekolah sehingga mutu sekolah meningkat.

Mari kita wujudkan SMK yang siap ke dunia kerja, SMK bisa!

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta