Pembekalan Tim Pendamping, Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP Tahun 2018

Setelah pelaksanaan Bimbingan Teknis Bagi Guru Sekolah Sasaran yang dilaksanakan oleh Ditjen GTK dan P4TK Penjas-BK, maka LPMP DKI Jakarta akan melakukan tahapan selanjutnya yaitu Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Sasaran utama pendampingan adalah guru mata pelajaran dan kepala sekolah. Bagi guru, tujuan utamanya adalah meningkat keterampilan operasionalnya dalam menyusun RPP, menyusun instrumen penilaian, melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, problem-based learning, project-based learning, dan discovery learning dengan integrasi penumbuhan budi pekerti, melaksanakan penilaian dan mengelola hasil penilaian sikap,  pengetahuan, dan keterampilan dan menyelesaikan hambatan-hambatan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Sementara bagi kepala sekolah, diharapkan dapat meningkat keterampilan praktiknya dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang kondusif, mengelola pelaksanaan kurikulum, mengelola pemenuhan Standar Nasional Pendidikan untuk mendukung pelaksanaan kurikulum, menyelesaikan hambatan-hambatan pengelolaan  pelaksanaan Kurikulum 2013.

Kegiatan pendampingan akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan In Service Learning  di Sekolah Induk Klaster dan kegiatan On The Job Learning di Sekolah Sasaran. Agar kegiatan pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 dapat terlaksana secara efektif dan efisien, LPMP DKI menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Tim Pendamping, Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 Jenjang SMP Tahun 2018, dalam empat angkatan pada tanggal 13 sampai dengan 16 Agustus 2018. Pembekalan ini dilaksanakan untuk menyiapkan tim pendamping yang akan bertugas mendampingi sekolah sasaran dalam implementasi Kurikulum 2013 serta mengkoordinasikan kegiatan pendampingan.

Peserta dalam pembekalan ini adalah 396 orang Instruktur Kabupaten/Kota dari 11 mata pelajaran yang telah mengikuti Penyegaran Bimbingan Teknis untuk Instruktur Kabupaten/Kota. Para instruktur ini akan mendampingi 371 sekolah sasaran yang dipusatkan di 36 Sekolah Induk Klaster. Kegiatan Pembekalan Pendampingan ini dihadiri oleh Ibu Rina Harjanti, S.Si sebagai Kepala Seksi FPMP dan  Bapak Dr. Muhammad Husin, M.Pd., Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP/SMA Dinas Provinsi DKI Jakarta.

 

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta