Pelatihan Guru Daerah Khusus (PGDK) Tahun 2018

Pelatihan Guru Daerah Khusus (PGDK) yang dilaksanakan di LPMP DKI Jakarta dari tanggal 1 s.d. 8 September 2018 diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan pendidikan yang berkualitas di daerah khusus yaitu daerah terpencil, tertinggal, dan terdepan/terluar (3T).

Program Pelatihan Guru Daerah Khusus (PGDK) dilaksanakan bagi sejumlah 3.358 orang guru yang mengajar di daerah khusus di seluruh Indonesia, dan di LPMP DKI Jakarta untuk 158 peserta undangan dari mapel Guru Kelas SD sebanyak 129 orang (dalam 4 kelas) dan 29 guru mapel ekonomi. Dari 158 undangan, peserta yang hadir sejumlah 150 orang yang berasal dari 15 provinsi yaitu Jambi, Lampung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, Papua Barat, Bengkulu dan Kalimantan Utara. Pembukaan kegiatan dilaksanakan di LPMP DKI Jakarta dan dibuka oleh Ibu Neneng Heryati, S.Si, M.Mgt Kepala Seksi Kualifikasi dan Kompetensi Guru SMP , Direktorat GTK. Dihadiri pula Bapak Widyatmo, M.Pd Kasi SI LPMP DKI Jakarta selaku ketua Panitia dan Ibu Rina Harjanti, S.Si Kasi FPMP LPMP DKI Jakarta

Program PGDK ini terintegrasi dengan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan yang akan dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Guru di daerah khusus yang akan mengikuti program dimaksud telah melalui proses seleksi akademik dan verifikasi kelayakan sebagai peserta PPG dalam Jabatan. Setelah Program PGDK yang dilaksanakan ini maka selanjutnya mereka akan mengikuti lanjutan kegiatan yaitu Program Pra PPG tatap muka yang dilaksanakan LPTK dalam hal ini Universitas Negeri Jakarta (UNJ) selama 16 hari yaitu tanggal 9 s.d. 25 September di LPMP DKI Jakarta. Program PGDK dan tatap muka awal ini adalah fasilitas yang berbeda dari GTK dan LPTK untuk Guru Daerah Khusus ini, agar mereka dapat menyesuaikan diri lebih dahulu sebelum memasuki program PPG nya yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 September s.d. 3 Desember 2018 di UNJ.

Menjadi Guru Profesional adalah tuntutan, tempat 3T tidak jadi kendala karena disanapun tunas-tunas bangsa harus terus belajar untuk menjadi anak Indonesia yang cerdas. Sukses selalu Bapak Ibu Guru Daerah Khusus, siswa siswimu menanti ilmu yang didapat di PPG ini (dsl)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK