PELATIHAN FASILITATOR DAERAH SEKOLAH MODEL

Pelatihan Fasilitator Daerah Sekolah Model merupakan salah satu rangkaian kegiatan sebelum pelaksanaan pendampingan sekolah model. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Salak Tower Bogor tanggal 18 s.d 22 Maret 2018. Pelatihan ini untuk mempersiapkan pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal di sekolah dan mempersiapkan calon fasilitator daerah yang kompeten dalam melakukan serangkaian kegiatan pengembangan sekolah model dan pengimbasannya pada daerah masing-masing.

Peserta kegiatan ini terdiri dari unsur dinas pendidikan provinsi DKI Jakarta, Widyaiswara, PTP, dan fungsional umum di lingkungan LPMP DKI Jakarta. Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP DKI Jakarta Surya Fitri Nurulhuda, SE, M.Si. Program ini telah berjalan sejak tahun 2016 sebanyak 11 SMP N dan tahun 2017 sebanyak 120 sekolah (56 SD N, 32 SMP N, 21 SMA N dan 11 SMK N). Program akan berlanjut sampai dengan tahun 2019 dengan target bahwa di tahun tersebut sekolah sudah dapat melaksanakan SPMI secara mandiri, holistic dan berkesinambungan.

Penyampaian materi menggunakan pola 42 jp. Materi yang disampaikan meliputi konsep sistem penjaminan mutu internal, pengembangan sekolah model, implementasi upaya peningkatan mutu melalui PPK, literasi dan keterampilan abad 21 serta teknik pendampingan dan supervisi. Materi teknik pendampingan dan supervisi untuk peserta dinas dan sudin di fokuskan kepada analisis raport mutu per kabupaten/kota dan untuk peserta LPMP DKI di fokuskan kepada analisis raport sekolah. Kegiatan di tutup dengan menyanyikan lagu Mars Sekolah Model secara bersama-sama.

Dengan mengikuti pelatihan ini dan adanya beberapa perubahan strategi dalam sekolah model, peserta diharapkan dapat menjadi fasilitator yang kompeten dalam pendampingan sekolah model, menguasai SPMI secara keseluruhan mengingat sekolah model di jakarta adalah yang pertama di Indonesia yang dapat me-link-kan hasil analisis raport mutu dengan e-rkas.

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta