Hari Raya Idul Adha 1439 H

Idul Adha yang  juga dikenal dengan nama Hari Raya Kurban diperingati setiap tanggal 10 bulan Dzulhijjah, bulan terakhir tahun Hijriah dalam penanggalan Islam. Berbeda dengan perayaan Idul Fitri yang merupakan hari kemenangan, maka Idhul adha lebih pada mencerminkan kesabaran, keikhlasan dan pengorbanan kepada Sang Khalik. Acara utama dalam perayaan Idul Adha adalah penyembelihan hewan Qurban sebagai simbol dari peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT yang memerintahkannya untuk menyembelih anaknya Ismail dan menggantinya dengan seekor kambing. Di hari raya Idul Adha juga dianjurkan bagi seorang Muslim yang mampu membeli sapi atau kambing untuk menyumbangkan korban berupa kambing atau sapi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, LPMP DKI Jakarta tahun 2018 ini ambil bagian merayakan Hari Raya Kurban ini pada keesokkan harinya setelah libur Nasional. Bekerja sama dengan DKM Attarbiyah LPMP DKI Jakarta tahun ini Alhamdulillah bisa berkurban dengan 5 ekor sapi, dan 11 ekor kambing. Acara penyembelihan hewan Kurban yang dilaksanakan di halaman LPMP DKI Jakarta  pada hari Kamis 23 Agustus 2018 ini diawali dengan arahan singkat dari Bapak Syamsul Arifin selaku kasubbag umum dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan Kurban.

Menurut kaidah ajaran Islam, Ayat Al-Qur’an yang menjelaskannya adalah firman Allah Ta’ala:
(لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأَنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ)
Supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan (yaitu tanggal 10-13 Dzulhijah) atas rezki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir. (QS. Al-Hajj [22]: 28).

Berdasarkan ayat ini, maka Bapak Abdul Basyir dari DKM Masjid Attarbiyah selaku ketua panitia Hari Raya Qurban tahun 2018 menyampaikan bahwa hewan Qurban yang disembelih pada hari ini seluruhnya akan disalurkan kepada seluruh pegawai LPMP baik ASN maupun PPNP, masyarakat sekitar dan pensiunan LPMP yang tinggalnya tidak jauh dari kantor LPMP. Selain itu Bapak Abdul Basyir juga menyampaikan hikmah berkurban yaitu “Kurban pada hakikatnya adalah tidak sekadar mengalirkan darah binatang sembelihan, tidak sekadar memotong hewan kurban. Namun, lebih dari itu, berkurban berarti sebuah ketundukan seorang hamba secara total terhadap perintah Allah dan sikap menghindar dari hal yang dilarang-Nya. Semoga dengan berqurban kita menjadi pribadi yang rela berkorban demi kepentingan bersama, lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, pribadi yang lebih baik dimanapun kita berada serta menjadi pribadi yang lebih bermanfaat bagi sesama”
Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allaahu Akbar
Selamat Hari Raya Idul Adha 1439 H
Junjung tinggi nilai religius sebagai tata nilai lembaga (dsl)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta  ----- LPMP DKI Jakarta berkomitmen dalam Pembangunan ZI-WBK