Bimbingan Teknis Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 Kabupaten/Kota Jenjang SMP Angkatan I

LPMP DKI Jakarta telah melaksanakan Bimbingan Teknis Penyegaran Instruktur Kabupaten/Kota Kurikulum 2013 Angkatan I di Hotel Ambhara Jakarta pada tanggal 6 s.d. 9 Maret 2018.  Kegiatan dibuka oleh Sesditjen Dikdasmen, Dr. Thamrin Kasman, SE., M.Si, berbasis 6 mata pelajaran yaitu PPKn, Prakarya, Seni Budaya, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Pendidikan Agama Katholik dan Budi Pekerti serta Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti.

Tujuan bimbingan teknis ini adalah:

  1. Menyiapkan Instruktur Kabupaten/Kota (IK) yang akan ditugaskan sebagai Instruktur pada Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran;
  2. Menyiapkan Instruktur Kabupaten/Kota (IK) yang akan ditugaskan sebagai Tim Pendamping Kurikulum 2013 di SMP Sasaran;
  3. Meningkatkan kemampuan teknis implementasi Kurikulum 2013 dan strategi pendampingan Kurikulum 2013.

Kegiatan ini diikuti oleh 210 orang peserta yang sudah menjadi Instruktur Kabupaten/Kota Kurikulum 2013 Jenjang SMP di tahun sebelumnya. Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka penyegaran bagi Instruktur Kabupaten/Kota mengenai penekanan pada Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden  Nomor 87 Tahun 2017 mengenai Penguatan Pendidikan Karakter. PPK merupakan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat. Berdasarkan peraturan presiden tersebut diharapkan setiap kegiatan di satuan pendidikan disisipkan PPK sehingga para pendidik perlu dibekali ketrampilan dalam hal tersebut.

Selain itu, ada pula materi penyusunan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mengingat seluruh mata pelajaran akan diadakan USBN. Untuk itu, para pendidik juga harus memiliki keterampilan untuk membuat soal USBN, termasuk di dalamnya penjelasan yang terkait analisis penilaian hasil belajar HOTS.

Kegiatan ini ditutup oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, Surya Fitri Nurulhuda, S.E., M.Si pada tanggal 9 Maret 2018. Semoga bimbingan teknis ini dapat memberikan hasil sesuai dengan harapan yaitu tersedianya Instruktur Kabupaten/Kota Kurikulum 2013 yang menguasai dan mampu menyajikan integrasi materi pelatihan meliputi Penguatan Pendidikan Karakter, Literasi dan Penyusunan Soal Ujian Berstandar Nasional (USBN).

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta