Bimbingan Teknis Pengelolaan Publikasi Melalui Repositori dan Katalog Bersama Perpustakaan

Teknologi saat ini semakin berkembang pesat. Perpustakaan sebagai sistem penyebar informasi dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan dalam upayanya memenuhi kebutuhan pengguna. Di era yang semakin modern ini kebutuhan pengguna mulai bergeser dari perpustakaan konvensional ke arah digital.  Perpustakaan LPMP DKI Jakarta sebagai perpustakaan UPT di lingkungan Kemdikbud adalah salah satu yang terhubung dalam Repositori Perpustakaan Kemdikbud.  Perpustakaan ini telah dikenai kewajiban untuk serah simpan karya cetak dan karya rekam terbitan internal seperti Jurnal, Buletin, Juklak, Juknis, bahan ajar dan lain-lain.  Dari kondisi tersebut, perlu adanya bimbingan teknis Pengelolaan Publikasi Lembaga melalui Repositori.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari (10 dan 11 Juli 2018) di LPMP DKI Jakarta, dibuka oleh Kasubbag Umum, Syamsul Arifin, S.Sos.  Peserta sejumlah 30 orang merupakan perwakilan dari Subbag Umum terutama tim perpustakaan, seksi SI, FPMP dan PMS.  Melalui bimbingan teknis ini peserta diharapkan memahami pemanfaatan perpustakaan yang berkaitan dengan publikasi lembaga, memahami konsep, mekanisme, sistem pengelolaan informasi dan pubikasi lembaga melalui perpustakaan.  Dan bagi tim perpustakaan diharapkan mampu mengoperasikan aplikasi DDC system dan SLiMS (Senayan Library Management System), serta menginput data karya internal LPMP DKI Jakarta ke dalam Repositori Perpustakaan Kemdikbud.

Bimbingan Teknis ini melibatkan narasumber yang kompeten dalam publikasi dan perpustakaan, yaitu Kasubbag Publikasi BKLM Kemdikbud (Emi Salpiati, S.Pd), Kasubbag Perpustakaan BKLM Kemdikbud (Chaidir Amin, S.Sos., M.A.) dan pustakawan muda Perpustakaan BKLM Kemdikbud (Ari Sulistiani).

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta