Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Peningkatan Kualitas Dapodik Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018

LPMP DKI Jakarta sebagai Unit Pelayanan Teknis Kementerian Pendidikan Kebudayaan dalam hal ini memiliki tugas melakukan pengawasan dan peningkatan Kualitas Data di Provinsi DKI Jakarta. Hal-hal yang dilakukan dalam melaksanakan tugas ini adalah mengkoordinir manajemen pengguna dapodik, mengawasi dan meningkatkan kualitas data pokok pendidikan melalui mekanisme validasi secara aktif, sehingga didapatkan data dapodik yang dapat menjadi acuan dalam menentukan kebijakan di wilayah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebagai bentuk awal untuk mewujudkan tugas pengawasan dan peningkatan kualitas, maka kegiatan ini diadakan.

Bimbingan teknis ini dilaksanakan di Wisma Hijau, Jl. Mekar Sari Raya No. 15 Mekar Sari, Cimanggis Depok dari tanggal 17 sampai dengan 19 September 2018. Kegiatan dibuka oleh Kepala LPMP Bapak Surya Fitri Nurulhuda, SE, M.Si didampingi oleh Kasi Sistem Informasi LPMP DKI Jakarta Widyatmo, M.Pd. Pada pembukaan ini Bapak Kepala meyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan untuk mengawal data-data yang bersumber dari data dapodik agar mutu dari data yang dimiliki oleh Provinsi DKI Jakarta dapat terus meningkat dan berkualitas. Karenanya diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dengan sebaik-baiknya.
Materi kegiatan disampaikan oleh Bpk Dr. Maridi , MM selaku Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (Pusdatikomdik) Provinsi DKI Jakarta dan Bapak Yusuf Rohmat, MT dari Subbag Data dan Informasi Setditjen Dikdasmen Kemdikbud. Dalam paparannya Bapak Maridi menyampaikan bagaimana konsep integrasi data yang dimiliki oleh Provinsi DKI Jakarta sehingga menghasilkan data yang valid, bermutu dan terintegrasi. Pada kesempatan berikutnya Bapak Yusuf menyampaikan paparannya tentang bagaimana seluruh akses data pendidikan dapat diakses melalui DAPODIK, dimana didalamnya ada 3 bagian aplikasi yaitu Front end, Validasi dan manajemen. Melalui DAPODIK inilah diharapkan tidak ada lagi data yang mandul atau data sampah yang dimiliki.

Peserta pada kegiatan ini adalah 45 orang terdiri dari unsur operator tingkat propinsi, operator tingkat kodya, PTP LPMP DKI Jakarta dan staf LPMP DKI Jakarta yang akan terkait dengan Dapodik. Seluruh peserta yang hadir selain terus mengupdate informasi layanan DAPODIK yang baru, diakhir kegiatan juga harus dapat memetakan satuan pendidikan yang masih memiliki kualitas data yang rendah, untuk nantinya akan didampingi pada kegiatan Bimtek operatornya. Kegiatan ditutup oleh Bapak Kasi Sistem Informasi, dan pada acara penutupan ini Bapak Widyatmo berpesan bahwa kerjasama dan koordinasi data agar tetap dan terus dilakukan, sehingga data yang dimiliki oleh Provinsi DKI Jakarta adalah data yang valid, bermutu dan terintegrasi.

  

Melangkah terus dan terus melangkah menuju d ata yang berkualitas (dsl)

    Mochamad Hendi Fatahillah

      Selamat datang di LPMP DKI Jakarta