Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2018

Hotel Best Western Premier the Hive Cawang, 14 s.d. 16 Mei 2018

Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Pemetaan Mutu Pendidikan merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian kegiatan Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut LPMP DKI Jakarta yang memiliki tenaga Fasilitator Nasional Pemetaan Mutu Pendidikan dan telah mengikuti pelatihan di tingkat nasional. Tujuan kegiatan ini untuk mempersiapkan calon fasilitator daerah pemetaan mutu pendidikan yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Suku Dinas Pendidikan seluruh wilayah di DKI Jakarta, Operator baik tingkat suku dinas maupun tingkat kecamatan serta widyaiswara dan fungsional umum di lingkungan LPMP DKI Jakarta.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP, Surya Fitri Nurulhuda yang memperkuat tujuan kegiatan dengan menyampaikan pesannya agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tuntas agar nantinya dapat melaksanakan pembinaan tentang penjaminan mutu pada satuan pendidikan secara sistematis dan terarah pada wilayah/daerahnya masing-masing. Selanjutnya penyampaian materi oleh Narasumber yang menghadirkan Dr. H. Maridi, M.Pd yang merupakan Kepala Pusdatikkomdik Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dengan materi “Menuju Pemetaan Mutu Pendidikan yang Valid dan Berkualitas” karena diharapkan pemetaan tahun 2018 ini tidak hanya dari sisi kuantitas namun dapat ditingkatkan dari sisi kualitas. Narasumber berikutnya yaitu Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D sebagai Kepala Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan dengan materi Peranan Pemetaan Mutu Pendidikan dalam penyusunan Neraca Pendidikan.

Materi pada hari kedua yaitu membahas SPMI,Indikator Mutu SNP dan Pengolahan Data Mutu Pendidikan serta Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun 2018 yang disampaikan oleh Tim Satgas PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pembahasan materi ini cukup menarik karena banyak pertanyaan dari operator berkaitan dengan aplikasi dan mencari solusi dari kendala-kendala yang telah terjadi tahun lalu. Materi terakhir peserta diminta untuk langsung simulasi menggunakan aplikasi pemetaan mutu yang dipandu oleh fasilitator dari LPMP DKI Jakarta.

Setelah mengikuti kegiatan, seluruh peserta harus menyosialisasikan materi dan mengawal pelaksanaan pemetaan mutu tahun 2018 pada seluruh sekolah di DKI Jakarta dengan pembagian tugas sebagai berikut: untuk operator tingkat suku dinas mengawal pemetaan mutu pada jenjang SMP, SMA dan SMK sedangkan operator kecamatan mengawal pemetaan mutu pada jenjang SD.

 

 

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta