Bimbingan Teknis Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (DAPODIKDASMEN) Tahun 2018 Tahap 2

Dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas data pendidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada tanggal 17 Agustus 2018 telah menerbitkan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019. Bersamaan dengan itu Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah juga telah merilis Aplikasi RKAS yang bertujuan untuk mengukur pembelanjaan dana BOS di sekolah terkait dengan ketercapaian 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Dari kondisi tersebut, LPMP DKI Jakarta melaksanakan Bimbingan Teknis Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah tingkat Provinsi Tahun 2018 Tahap 2 agar terjadi kesamaan persepsi dalam mengelola sistem pendataan pendidikan dasar dan menengah antara LPMP dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota serta Dinas Pendidikan Provinsi. Kegiatan ini secara rinci bertujuan sebagai:
a. Sosialisasi kebijakan pendataan tahun 2018;
b. Sosialisasi kebijakan dan program Pendidikan Dasar dan Menengah tahun 2019;
c. Sosialisasi kebijakan Rencana Kegiatan Sekolah dan Aplikasi RKAS;
d. Pelatihan Aplikasi Dapodikdasmen 2019 dan Manajemen Dapodikdasmen;
e. Pelatihan Aplikasi Penyaluran BOS; dan
f. Pelatihan Aplikasi RKAS dan Manajemen RKAS untuk Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Bimbingan teknis berlangsung selama 4 hari (23 sampai dengan 26 Oktober 2018) di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah. Kegiatan ini diikuti oleh 43 orang yang terdiri dari 24 orang operator dapodik dan admin pengelola BOS di dinas pendidikan propinsi dan suku dinas pendidikan propinsi DKI Jakarta, 5 orang perwakilan operator sekolah, dan 14 orang staf perwakilan dari Seksi Informasi dan Subbag Umum LPMP DKI Jakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LPMP DKI Jakarta, Surya Fitri Nurulhuda, S.E., M.Si didampingi Kasi Sistem Informasi Widyatmo, M.Pd. Pada saat membuka bapak Surya Fitri Nurulhuda menyampaikan bahwa hendaknya kegiatan yang akan memberikan banyak informasi kepada para operator ini bisa diikuti oleh peserta hingga akhir kegiatan, karena informasi-informasi yang akan diberikan oleh para nara sumber ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi para peserta pada bidang pekerjaan yang dilakukannya.

Materi kebijakan yang meliputi Kebijakan pendataan dapodikdasmen, kebijakan RKAS dan kebijakan program dikdasmen disampaikan oleh Yusuf Rohmat, MT dari Subbag Data dan Informasi Setditjen Dikdasmen, Nani Sukriswandari, S.Si, Kasi Evaluasi Direktorat Pembinaan SMP dan Maulani Audia, SE, MBA, Direktorat Pembinaan SMP. Materi lainnya yaitu manajemen dan aplikasi DAPODIK, manajemen dan aplikasi RKAS dan aplikasi Penyaluran BOS seluruhnya disampaikan oleh staf setditjen yang merupakan tim pengembang dari aplikasi tersebut. Seluruh operator sangat antusias dengan informasi-informasi yang disampaikan. Materi tambahan yang tidak kalah menariknya adalah materi Penyusunan RKS Provinsi DKI Jakarta yang disampaikan oleh Ir. Rita Marina M.Si dari Dinas Provinsi DKI Jakarta. Dengan materi yang disampaikan oleh ibu Rita ini maka PR selanjutnya untuk LPMP DKI Jakarta yang memiliki tugas melakukan pengawasan dalam hal data dan Informasi yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di satuan pendidikan Provinsi DKI Jakarta adalah untuk aplikasi RKAS. Sudah diketahui bahwa Provinsi DKI Jakarta telah memiliki aplikasi RKAS, dengan adanya aplikasi RKAS dari kemendikbud maka apakah DKI Jakarta harus menggunakan aplikasi yang dikeluarkan kemendikbud ataukah cukup dengan aplikasi yang selama ini sudah digunakan.

Kegiatan ditutup oleh Kasi Sistem Informasi Widyatmo, M.Pd dengan menyimpulkan semua RTL yang sudah dibuat oleh peserta, mengenai hal-hal baru yang didapatkan peserta selama kegiatan dan apa yang akan dilakukan oleh peserta dengan informasi-informasi yang sudah didapatkan itu di tempat tugas nantinya.

Semoga kegiatan ini berdampak positif bagi operator sehingga dapat memberikan informasi dan data yang berkualitas serta menjadi tambahan ilmu bagi LPMP DKI Jakarta sehingga dapat melakukan pengawasan yang lebih baik lagi. (dsl)

    Selamat datang di LPMP DKI Jakarta